Pengembangan Instrumen Literasi Sains Pada Anak Kelompok B di TK Kecamatan Buleleng Tahun 2020/2021

Anggreni, Rani Aulya (2022) Pengembangan Instrumen Literasi Sains Pada Anak Kelompok B di TK Kecamatan Buleleng Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061009-Cover.pdf

Download (534kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061009-Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061009-BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061009-BAB 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061009-BAB 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061009-BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061009-BAB 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061009-Daftar Pustaka.pdf

Download (332kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711061009-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Oleh Rani Aulya Anggreni, NIM. 1711061009 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Dasar ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen literasi sains untuk anak kelompok B Taman Kanak-kanak yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (research and development) yang dilaksanakan menggunakan model RDR yang meliputi 1. Research (studi pendahuluan), 2. Development (pengembangan), 3. Research (uji efektivitas produk). Subjek penelitian ini adalah instrumen penilaian literasi sains anak-anak kelompok B Taman Kanak-kanak dengan jumlah pernyataan 14 butir. Instrumen literasi sains anak kelompok B Taman Kanak-kanak telah diuji oleh dua orang ahli untuk mengukur validitas reliabilitas instrumen. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) pernyataan yang valid sebanyak 14 butir dengan perhitungan validitas instrumen literasi sains anak sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi, dan (2) uji validitas butir dihasilkan 14 butir valid, (3) uji reliabilitas instrumen diperoleh 0,76 termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut teruji validitas dan reliabilitasnya. Sehingga dapat digunakan sebagai alat mengembangkan instrumen literasi sains anak Kelompok B Taman Kanak-kanak. Kata Kunci: literasi, sains, instrumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Sains, Instrumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Rani Aulya Anggreni
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:44
Last Modified: 15 Jul 2022 04:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item View Item