Anggreni, Rani Aulya (2022) Pengembangan Instrumen Literasi Sains Pada Anak Kelompok B di TK Kecamatan Buleleng Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061009-Cover.pdf Download (534kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711061009-Abstrak.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061009-BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061009-BAB 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061009-BAB 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061009-BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061009-BAB 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061009-Daftar Pustaka.pdf Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711061009-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Oleh Rani Aulya Anggreni, NIM. 1711061009 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Dasar ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen literasi sains untuk anak kelompok B Taman Kanak-kanak yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (research and development) yang dilaksanakan menggunakan model RDR yang meliputi 1. Research (studi pendahuluan), 2. Development (pengembangan), 3. Research (uji efektivitas produk). Subjek penelitian ini adalah instrumen penilaian literasi sains anak-anak kelompok B Taman Kanak-kanak dengan jumlah pernyataan 14 butir. Instrumen literasi sains anak kelompok B Taman Kanak-kanak telah diuji oleh dua orang ahli untuk mengukur validitas reliabilitas instrumen. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) pernyataan yang valid sebanyak 14 butir dengan perhitungan validitas instrumen literasi sains anak sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi, dan (2) uji validitas butir dihasilkan 14 butir valid, (3) uji reliabilitas instrumen diperoleh 0,76 termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut teruji validitas dan reliabilitasnya. Sehingga dapat digunakan sebagai alat mengembangkan instrumen literasi sains anak Kelompok B Taman Kanak-kanak. Kata Kunci: literasi, sains, instrumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Sains, Instrumen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Rani Aulya Anggreni |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 04:44 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 04:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11298 |
Actions (login required)
View Item |