PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK PADA PEMBELAJARAN IPAS BERORIENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SISWA KELAS 4 SD

Susanti, Ni Kadek Wina (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK PADA PEMBELAJARAN IPAS BERORIENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SISWA KELAS 4 SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029041004-COVER.pdf

Download (421kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029041004-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029041004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029041004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029041004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029041004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029041004-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan buku cerita anak pada Pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila untuk siswa kelas IV SD yang valid dan praktis, dan (2) menguji efektivitas buku cerita anak pada pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila untuk siswa kelas IV SD terhadap literasi nilai-nilai pancasila. Subjek penelitian adalah ahli materi, bahasa, dan kegrafikan. Subjek uji coba siswa kelas IV SD N 3 Tigawasa berjumlah 34 orang dan 1 orang guru. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes, instrumen penelitian berupa lembar kuisioner validitas, lembar kuisioner kepraktisan, dan tes literasi nilai-nilai pancasila. Analisis data mengunakan perhitungan rata-rata dan gain skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah dihasilkan buku cerita anak pada pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila untuk siswa Kelas IV SD, yang melalui skor validitas buku cerita anak melalui ahli kelayakan materi, kebahasaan, dan kegrafikan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 4,9 dan kepraktisan buku cerita anak pada pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila oleh guru dengan skor rata-rata 4,82 dengan kualifikasi sangat praktis dan siswa dengan rata-rata presentase 97% berada pada interval kategori sangat praktis. (2) buku cerita anak pada pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila efektif untuk meningkatkan literasi nilai-nilai pancasila siswa kelas 4 SD Negeri 3 Tigawasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku cerita anak, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Kadek Wina Susanti
Date Deposited: 14 Jul 2022 09:50
Last Modified: 14 Jul 2022 09:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11327

Actions (login required)

View Item View Item