Susanti, Ni Kadek Wina (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK PADA PEMBELAJARAN IPAS BERORIENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SISWA KELAS 4 SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029041004-COVER.pdf Download (421kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029041004-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029041004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029041004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029041004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029041004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029041004-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan buku cerita anak pada Pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila untuk siswa kelas IV SD yang valid dan praktis, dan (2) menguji efektivitas buku cerita anak pada pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila untuk siswa kelas IV SD terhadap literasi nilai-nilai pancasila. Subjek penelitian adalah ahli materi, bahasa, dan kegrafikan. Subjek uji coba siswa kelas IV SD N 3 Tigawasa berjumlah 34 orang dan 1 orang guru. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes, instrumen penelitian berupa lembar kuisioner validitas, lembar kuisioner kepraktisan, dan tes literasi nilai-nilai pancasila. Analisis data mengunakan perhitungan rata-rata dan gain skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah dihasilkan buku cerita anak pada pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila untuk siswa Kelas IV SD, yang melalui skor validitas buku cerita anak melalui ahli kelayakan materi, kebahasaan, dan kegrafikan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 4,9 dan kepraktisan buku cerita anak pada pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila oleh guru dengan skor rata-rata 4,82 dengan kualifikasi sangat praktis dan siswa dengan rata-rata presentase 97% berada pada interval kategori sangat praktis. (2) buku cerita anak pada pembelajaran IPAS berorientasi Profil Pelajar Pancasila efektif untuk meningkatkan literasi nilai-nilai pancasila siswa kelas 4 SD Negeri 3 Tigawasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita anak, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Kadek Wina Susanti |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 09:50 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 09:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11327 |
Actions (login required)
View Item |