PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA DI SMA NEGERI BALI MANDARA

Kusuma, Ni Nyoman Ayu Haryani (2022) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA DI SMA NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813041020-COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813041020-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813041020-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri Bali Mandara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan randomized nonequivalent pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri Bali Mandara tahun ajaran 2021/2022. Teknik pemilihan sampel dengan simple random sampling terhadap kelas. Penelitian ini menggunakan 2 sampel kelas yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan pembelajaran berdiferensiasi model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic). Data hasil belajar biologi peserta didik dikumpulkan melalui tes hasil belajar biologi. Data hasil belajar biologi dianalisis menggunakan t independent sample dengan taraf signifikansi 5% yang diawali dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas. Hasil analisis data diperoleh bahwa rerata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 65,54 lebih rendah dari rerata nilai posttest kelas kontrol sebesar 78,96 dengan nilai KKM yang ditentukan yaitu sebesar 76. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa 0,12 > 0,05, sehingga hipotesis nol diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini terjadi karena kurangnya waktu dan tempat dalam pengelompokan gaya belajar ketika pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Model Pembelajaran Discovery Learning, Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic), Hasil Belajar Biologi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Ayu Haryani Kusuma
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:06
Last Modified: 21 Jul 2022 07:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11880

Actions (login required)

View Item View Item