Kusuma, Ni Nyoman Ayu Haryani (2022) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA DI SMA NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041020-COVER.pdf Download (670kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041020-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041020-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri Bali Mandara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan randomized nonequivalent pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri Bali Mandara tahun ajaran 2021/2022. Teknik pemilihan sampel dengan simple random sampling terhadap kelas. Penelitian ini menggunakan 2 sampel kelas yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan pembelajaran berdiferensiasi model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic). Data hasil belajar biologi peserta didik dikumpulkan melalui tes hasil belajar biologi. Data hasil belajar biologi dianalisis menggunakan t independent sample dengan taraf signifikansi 5% yang diawali dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas. Hasil analisis data diperoleh bahwa rerata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 65,54 lebih rendah dari rerata nilai posttest kelas kontrol sebesar 78,96 dengan nilai KKM yang ditentukan yaitu sebesar 76. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa 0,12 > 0,05, sehingga hipotesis nol diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini terjadi karena kurangnya waktu dan tempat dalam pengelompokan gaya belajar ketika pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Model Pembelajaran Discovery Learning, Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic), Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Ayu Haryani Kusuma |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:06 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11880 |
Actions (login required)
View Item |