Media Audio Visual Lawak Bali Kanggen Nincapang Kawagedan Maparibasa Bali Sisia Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati

Pramidana, I Dewa Gede Ananda Iswara (2022) Media Audio Visual Lawak Bali Kanggen Nincapang Kawagedan Maparibasa Bali Sisia Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812051013-COVER.pdf

Download (914kB)
[img] Text (KUUB)
1812051013-KUUB.pdf

Download (112kB)
[img] Text (ADYAYA 1 PURWAKA)
1812051013-ADYAYA 1 PURWAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text (ADYAYA 2 SEPAT SIKU-SIKU)
1812051013-ADYAYA 2 SEPAT SIKU-SIKU.pdf

Download (457kB)
[img] Text (ADYAYA 3 KRAMANING TETILIKAN)
1812051013-ADYAYA 3 KRAMANING TETILIKAN.pdf

Download (691kB)
[img] Text (ADYAYA 4 PIKOLIH MIWAH TETEPASAN)
1812051013-ADYAYA 4 PIKOLIH MIWAH TETEPASAN.pdf

Download (860kB)
[img] Text (ADYAYA 5 PAMUPUT)
1812051013-ADYAYA 5 PAMUPUT.pdf

Download (197kB)
[img] Text (KAPUSTAKAAN)
1812051013-KAPUSTAKAAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LEPITAN)
1812051013-LEPITAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tata cara menggunakan media audio visual lawak Bali untuk meningkatkan keterampilan berparibasa Bali siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati, mengetahui keterampilan siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati setelah menggunakan media audio visual lawak Bali dalam berparibasa Bali, serta pendapat dari siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati tentang media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati, dan objek dari penelitian adalah pembelajaran menggunakan media audio visual lawak Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) tata cara guru menggunakan media audio visual lawak Bali dalam pelajaran Paribasa Bali sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat, (2) menggunakan media audio visual lawak Bali dapat meningkatkan keterampilan siswa berparibasa Bali, terdapat peningkatan nilai rata-rata siklus I 70,88 dan siklus II 81,63, (3) pendapat siswa tentang penggunaan media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali pada siklus I baik, dengan skor 10,80 dan pada siklus II sangat baik, dengan skor 14,61. Berdasarkan hasil tersebut dalam disimpulkan terdapat pengaruh yang baik dan signifikan ketika menggunakan media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual, Keterampilan, Paribasa Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1)
Depositing User: I Dewa Gede Ananda Iswara Pramidana
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:12
Last Modified: 21 Jul 2022 01:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11977

Actions (login required)

View Item View Item