Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Topik Bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Suwastawan, I Gede Agus (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Topik Bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031188-COVER.pdf

Download (441kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031188-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031188- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031188- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031188- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031188-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031188-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031188-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031188-LAMPIRAN.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk video animasi topik bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah video animasi topik bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dan kepraktisan video animasi topik bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Untuk mengukur validitas dan kepraktisan video animasi pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang dosen sebagai ahli materi, dan lembar kepraktisan media yang diisi oleh dua orang guru atau praktisi, dan tiga respon siswa. Data dianalisis menggunakan rumus yang digunakan diadaptasi dari rumus untuk menghitung persentase yaitu skor yang diperoleh dibandingkan dengan skor maksimal kemudian dikalikan 100%. Berdasarkan analisis data, terungkap bahwa skor rata-rata bahwa untuk media video pembelajaran sebesar 88,9% dan skor rata-rata validasi materi sebesar 93,3%. Skor rata-rata kepraktisan video pembelajaran oleh guru atau praktisi sebesar 95,5% dan skor rata-rata respon siswa sebesar 97,2%. Hal ini berarti video pembelajaran topik bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan tergolong sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video animasi, bagian tumbuhan dan fungsinya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Agus Suwastawan
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:29
Last Modified: 13 Oct 2022 08:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item