Suwastawan, I Gede Agus (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Topik Bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031188-COVER.pdf Download (441kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031188-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031188- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031188- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031188- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031188-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031188-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031188-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031188-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk video animasi topik bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah video animasi topik bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dan kepraktisan video animasi topik bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Untuk mengukur validitas dan kepraktisan video animasi pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang dosen sebagai ahli materi, dan lembar kepraktisan media yang diisi oleh dua orang guru atau praktisi, dan tiga respon siswa. Data dianalisis menggunakan rumus yang digunakan diadaptasi dari rumus untuk menghitung persentase yaitu skor yang diperoleh dibandingkan dengan skor maksimal kemudian dikalikan 100%. Berdasarkan analisis data, terungkap bahwa skor rata-rata bahwa untuk media video pembelajaran sebesar 88,9% dan skor rata-rata validasi materi sebesar 93,3%. Skor rata-rata kepraktisan video pembelajaran oleh guru atau praktisi sebesar 95,5% dan skor rata-rata respon siswa sebesar 97,2%. Hal ini berarti video pembelajaran topik bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan tergolong sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, video animasi, bagian tumbuhan dan fungsinya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Agus Suwastawan |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 08:29 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 08:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12972 |
Actions (login required)
View Item |