ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM JARINGAN (DARING) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs ABBUL ABBAS NW TEGALLINGGAH TAHUN AJARAN 2021/2022

Miswa, ratin (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM JARINGAN (DARING) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs ABBUL ABBAS NW TEGALLINGGAH TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071053-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071053-ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071053-LAMPIRAN.pdf

Download (511kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA dalam jaringan (daring) dan mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Abbul Abbas NW Tegallinggah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu guru IPA berjumlah 1 orang dan 6 orang siswa di MTs Abbul Abbas NW Tegallinggah, sedangkan objek pada penelitian ini terfokus pada pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, studi dokumen, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber serta member chek. Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pembelajaran IPA dalam jaringan (daring) di MTs Abbul Abbas NW Tegallinggah secara umum belum optimal, (2) faktor pendukung pembelajaran IPA secara daring yaitu gawai, buku paket dan LKPD yang memudahkan siswa untuk memahami meteri yang dipelajari, (3) faktor penghambat pembelajaran IPA secara daring yaitu guru kesulitan dalam menyampaikan materi yang dibahas, guru kurang memvariasikan model pembelajaran yang digunakan, kesiapan dan keaktifan siswa, serta kendala jaringan internet yang digunakan siswa saat pelaksanaan pembalajaran secara daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Faktor pendukung, Faktor penghambat
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: MISWARATIN
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:26
Last Modified: 17 Oct 2022 02:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13094

Actions (login required)

View Item View Item