Miswa, ratin (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM JARINGAN (DARING) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs ABBUL ABBAS NW TEGALLINGGAH TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071053-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071053-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071053-LAMPIRAN.pdf Download (511kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA dalam jaringan (daring) dan mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Abbul Abbas NW Tegallinggah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu guru IPA berjumlah 1 orang dan 6 orang siswa di MTs Abbul Abbas NW Tegallinggah, sedangkan objek pada penelitian ini terfokus pada pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, studi dokumen, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber serta member chek. Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pembelajaran IPA dalam jaringan (daring) di MTs Abbul Abbas NW Tegallinggah secara umum belum optimal, (2) faktor pendukung pembelajaran IPA secara daring yaitu gawai, buku paket dan LKPD yang memudahkan siswa untuk memahami meteri yang dipelajari, (3) faktor penghambat pembelajaran IPA secara daring yaitu guru kesulitan dalam menyampaikan materi yang dibahas, guru kurang memvariasikan model pembelajaran yang digunakan, kesiapan dan keaktifan siswa, serta kendala jaringan internet yang digunakan siswa saat pelaksanaan pembalajaran secara daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring, Faktor pendukung, Faktor penghambat |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | MISWARATIN |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 02:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 02:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13094 |
Actions (login required)
View Item |