PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERORIENTASI TAKSONOMI BLOOM REVISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA SISWA KELAS IV SD

Premana, Dewa Nyoman Dede (2023) PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERORIENTASI TAKSONOMI BLOOM REVISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031218-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031218-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031218-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031218-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031218-BAB 3 MOTODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031218-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031218-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031218-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031218-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa aktivitas pembelajaran berorientasi taksonomi bloom revisi berpengaruh kepada kemampuan pengetahuan konseptual siswa kelas IV di Gugus IV, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Sedangkan untuk sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Samplangan yang berjumlah 21 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Beng yang berjumlah 16 orang sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan pengetahuan konseptual dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian. Selanjutnya, dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial (Uji�t). Hasil analisis uji-t Independent sample Tes berbantuan SPSS 17.0 for windows diketahui bahwa signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi terhadap kemampuan pengetahuan konseptual siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aktivitas pembelajaran, taksonomi bloom revisi, kemampuan pengetahuan konseptual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dewa nyoman dede premana
Date Deposited: 14 Feb 2023 00:22
Last Modified: 14 Feb 2023 00:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item View Item