PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MINDFULNESS BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 PEDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Gayatri, Ni Komang Prasti (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MINDFULNESS BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 PEDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031230-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031230-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031230-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031230-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031230-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031230-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031230-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031230-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031230-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan mindfulness berbantuan media animasi terhadap kompetensi kemampuan IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Pedungan tahun pelajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V di Negeri 2 Pedungan Tahun Ajaran 2022/2023. Penentuan sampel yang dijadikan subjek penelitian adalah menggunakan teknik sampel jenuh atau populasi studi terdiri dari dua kelas yakni kelas VA dan VB yang ada di SD Negeri 2 Pedungan yang sekaligus menjadi populasi penelitian. Kedua kelas tersebut dijadikan subjek penelitian, yaitu satu kelas eksperimen yang jumlahnya 32 orang siswa diberi perlakuan dengan penerapan pendekatan pembelajaran mindfulness berbantuan media animasi dan kelas kontrol yang berjumlah 31 orang siswa tidak diberi perlakuan yakni pembelajaran dilaksanakan secara konvensional atau yang seperti biasanya dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes jenis tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan alternatif jawaban. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,25 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61. Hal tersebut berarti thitung = 2,25 > ttabel = 1,67. Rata-rata kompetensi pengetahuan IPS kelompok yang dibelajarkan melalui pendekatan mindfulness berbantuan media animasi lebih dari rata-rata kompetensi pengetahuan IPS kelompok yang dibelajarkan secara konvensional, yaitu 0,494 sedangkan rata-rata kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional yaitu 0,361. Jadi, dapat disimpulkan pendekatan minfulness berbantuan media animasi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Pedungan Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini di sarankan untuk dapat digunakan oleh guru maupun peneliti lain yang menemukan masalah yang sama untuk dijadikan sebagai salah satu penelitian yang relevan dalam mengembangkan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mindfulness, Animasi, Kompetensi Pengetahuan IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Prasti Gayatri
Date Deposited: 19 Feb 2023 04:52
Last Modified: 19 Feb 2023 04:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item