Gayatri, Ni Komang Prasti (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MINDFULNESS BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 PEDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031230-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031230-ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031230-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031230-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031230-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031230-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031230-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031230-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031230-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan mindfulness berbantuan media animasi terhadap kompetensi kemampuan IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Pedungan tahun pelajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V di Negeri 2 Pedungan Tahun Ajaran 2022/2023. Penentuan sampel yang dijadikan subjek penelitian adalah menggunakan teknik sampel jenuh atau populasi studi terdiri dari dua kelas yakni kelas VA dan VB yang ada di SD Negeri 2 Pedungan yang sekaligus menjadi populasi penelitian. Kedua kelas tersebut dijadikan subjek penelitian, yaitu satu kelas eksperimen yang jumlahnya 32 orang siswa diberi perlakuan dengan penerapan pendekatan pembelajaran mindfulness berbantuan media animasi dan kelas kontrol yang berjumlah 31 orang siswa tidak diberi perlakuan yakni pembelajaran dilaksanakan secara konvensional atau yang seperti biasanya dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes jenis tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan alternatif jawaban. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,25 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61. Hal tersebut berarti thitung = 2,25 > ttabel = 1,67. Rata-rata kompetensi pengetahuan IPS kelompok yang dibelajarkan melalui pendekatan mindfulness berbantuan media animasi lebih dari rata-rata kompetensi pengetahuan IPS kelompok yang dibelajarkan secara konvensional, yaitu 0,494 sedangkan rata-rata kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional yaitu 0,361. Jadi, dapat disimpulkan pendekatan minfulness berbantuan media animasi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Pedungan Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini di sarankan untuk dapat digunakan oleh guru maupun peneliti lain yang menemukan masalah yang sama untuk dijadikan sebagai salah satu penelitian yang relevan dalam mengembangkan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mindfulness, Animasi, Kompetensi Pengetahuan IPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Prasti Gayatri |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 04:52 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 04:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14110 |
Actions (login required)
View Item |