PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENUNTUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK JURUSAN PARIWISATA DI SINGARAJA

Mustafa, Ita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENUNTUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK JURUSAN PARIWISATA DI SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812061008-COVER.pdf

Download (926kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812061008-ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BA 2 KAJIAN TEORI)
1812061008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812061008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812061008-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa PowerPoint interaktif. Tujuan dikembangkannya media ini yaitu untuk menuntun kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) oleh Luther. Di dalam model ini terdiri dari 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode wawancara dan kuesioner berupa angket uji ahli (uji ahli media dan uji ahli materi) dan uji coba produk untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Media yang dihasilkan terdiri dari 9 tema materi pembelajaran yang memuat kosakata baru, percakapan yang berisi beberapa pertanyaan, kesimpulan dan latihan. Berdasarkan hasil angket, skor yang diperoleh dari ahli materi yaitu 87,5 (sangat sesuai), dari ahli media yaitu 94,5 (sangat sesuai). Skor yang diperoleh dari hasil angket uji coba terbatas dengan guru yaitu 100 (sangat sesuai), sedangkan dari siswa yaitu 100% (sangat layak). Dengan demikian media yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Kata kunci : Media pembelajaran, PowerPoint interaktif, berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, PowerPoint interaktif, berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ita Mustafa
Date Deposited: 19 Feb 2023 00:53
Last Modified: 19 Feb 2023 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14160

Actions (login required)

View Item View Item