HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 1 SERIRIT

Boro, Marthen Reda (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Gansha.

[img] Text (COVER)
1513031051-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031051-ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIN)
1513031051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031051-LAMPIRAN.pdf

Download (738kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan hubungan antara motivasi belajar dan disiplin diri terhadap hasil belajar kimia siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik sensus melibatkan seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Seririt yang terdiri atas 108 orang siswa. Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji linieritas dan keberartian arah regresi, uji multikolenieritas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian berupa hasil belajar kimia, skor kuisioner motivasi belajar, dan skor kuisioner disiplin diri yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis korelasi ganda dan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif motivasi belajar dan disiplin diri dengan hasil belajar kimia siswa. Berdasarkan uji korelasi ganda, nilai koefisien korelasi ganda yang diperoleh yaitu 0,663 yang menunjukkan tingkat kekuatan hubungan tergolong kuat. Selanjutnya, uji regresi ganda dua predikor mendapatkan persamaan regresi: Ŷ = 12,780 + 0,164 X1 + 0,442 X2¬ dan sumbangan efektif kedua variabel terhadap hasil belajar kimia adalah sebesar 40%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin diri dengan hasil belajar kimia siswa. Kata - kata kunci: motivasi belajar, disiplin diri, hasil belajar kimia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, disiplin diri, hasil belajar kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: MARTHEN REDA BORO
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:42
Last Modified: 26 Feb 2020 03:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item