Boro, Marthen Reda (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Gansha.
Text (COVER)
1513031051-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513031051-ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIN)
1513031051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031051-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513031051-LAMPIRAN.pdf Download (738kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan hubungan antara motivasi belajar dan disiplin diri terhadap hasil belajar kimia siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik sensus melibatkan seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Seririt yang terdiri atas 108 orang siswa. Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji linieritas dan keberartian arah regresi, uji multikolenieritas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian berupa hasil belajar kimia, skor kuisioner motivasi belajar, dan skor kuisioner disiplin diri yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis korelasi ganda dan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif motivasi belajar dan disiplin diri dengan hasil belajar kimia siswa. Berdasarkan uji korelasi ganda, nilai koefisien korelasi ganda yang diperoleh yaitu 0,663 yang menunjukkan tingkat kekuatan hubungan tergolong kuat. Selanjutnya, uji regresi ganda dua predikor mendapatkan persamaan regresi: Ŷ = 12,780 + 0,164 X1 + 0,442 X2¬ dan sumbangan efektif kedua variabel terhadap hasil belajar kimia adalah sebesar 40%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin diri dengan hasil belajar kimia siswa. Kata - kata kunci: motivasi belajar, disiplin diri, hasil belajar kimia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, disiplin diri, hasil belajar kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | MARTHEN REDA BORO |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 03:42 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1427 |
Actions (login required)
View Item |