Pengembangan Media Miniatur Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas III Sekolah Dasar

Lestari, Desak Ketut Trisna (2023) Pengembangan Media Miniatur Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas III Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031137-COVER.pdf

Download (446kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031137-ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031137-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031137-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031137-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031137-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031137-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031137-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031137-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun media miniatur bercirikan etnomatematika; (2) mendeskaripsikan validitas media miniatur bercirikan etnomatematika; (3) mendeskripsikan kepraktisan media miniatur bercirikan etnomatematika; dan (4) mendeskripsikan efektivitas media miniatur bercirikan etnomatematika pada materi bangun datar kelas III sekolah dasar. Studi pengembangan ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes. Kuesioner dipergunakan untuk mengumpulkan data uji validitas yang terdiri dari uji ahli materi serta ahli media, dan uji kepraktisan yang terdiri dari uji praktisi, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Sedangkan metode tes dipergunakan untuk uji efektivitas 1 rombel siswa kelas III SD Negeri 5 Batungsel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil pengembangan pada penelitian ini berupa produk konkret yaitu media miniatur bercirikan etnomatematika, (2) media miniatur bercirikan etnomatematika memperoleh predikat sangat valid dengan mean sebesar 4,45 (3) hasil uji kepraktisan memperoleh mean sebesar 4,65 dengan predikat sangat praktis, dan (4) nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) pada uji t-berkolerasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), artinya media miniatur bercirikan etnomatematika efektif meningkatkan kemampuan memahami materi bangun datar kelas III sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media miniatur, etnomatematika, bangun datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desak Ketut Trisna Lestari
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:52
Last Modified: 27 Jun 2023 01:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item View Item