Lestari, Desak Ketut Trisna (2023) Pengembangan Media Miniatur Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas III Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031137-COVER.pdf Download (446kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031137-ABSTRAK.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031137-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031137-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031137-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031137-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031137-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031137-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031137-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun media miniatur bercirikan etnomatematika; (2) mendeskaripsikan validitas media miniatur bercirikan etnomatematika; (3) mendeskripsikan kepraktisan media miniatur bercirikan etnomatematika; dan (4) mendeskripsikan efektivitas media miniatur bercirikan etnomatematika pada materi bangun datar kelas III sekolah dasar. Studi pengembangan ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes. Kuesioner dipergunakan untuk mengumpulkan data uji validitas yang terdiri dari uji ahli materi serta ahli media, dan uji kepraktisan yang terdiri dari uji praktisi, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Sedangkan metode tes dipergunakan untuk uji efektivitas 1 rombel siswa kelas III SD Negeri 5 Batungsel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil pengembangan pada penelitian ini berupa produk konkret yaitu media miniatur bercirikan etnomatematika, (2) media miniatur bercirikan etnomatematika memperoleh predikat sangat valid dengan mean sebesar 4,45 (3) hasil uji kepraktisan memperoleh mean sebesar 4,65 dengan predikat sangat praktis, dan (4) nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) pada uji t-berkolerasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), artinya media miniatur bercirikan etnomatematika efektif meningkatkan kemampuan memahami materi bangun datar kelas III sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media miniatur, etnomatematika, bangun datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Desak Ketut Trisna Lestari |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 01:52 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 01:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15299 |
Actions (login required)
View Item |