HUBUNGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Putri, Made Diah Prabaswari (2023) HUBUNGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031124-COVER.pdf

Download (256kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031124-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031124-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031124-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031124-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keingintahuan dan perilaku siswa dalam belajar matematika. Hal ini tercermin dari hasil belajar yang kurang memuaskan dan rendahnya motivasi siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis pengaruh yang kuat antara penguatan pendidikan karakter berbasis Tri Hita Karana terhadap peningkatan signifikan hasil belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan mengkorelasikan penguatan pendidikan karakter berbasis Tri Hita Karana sebagai variabel (X) dan hasil belajar Matematika sebagai variabel (Y). Populasi penelitian ini sebanyak 273 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 111 orang siswa yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes dengan metode analisis statistik deskriptif dan inferensial. Proses analisis melalui uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji liniearitas. Selanjutnya, uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Perhitungan hasil analisis regresi sederhana, diperoleh nilai rhitung 0,673, sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh 0,195. Hal ini menunjukkan rhitung 0,673 > rtabel 0,195 sehingga kedua variabel tersebut saling berkorelasi. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara penguatan pendidikan karakter berbasis Tri Hita Karana dengan hasil belajar Matematika siswa kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tri Hita Karana, dan Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Diah Prabaswari Putri
Date Deposited: 03 Jul 2023 00:50
Last Modified: 03 Jul 2023 00:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15395

Actions (login required)

View Item View Item