Putri, Made Diah Prabaswari (2023) HUBUNGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031124-COVER.pdf Download (256kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031124-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031124-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031124-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031124-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keingintahuan dan perilaku siswa dalam belajar matematika. Hal ini tercermin dari hasil belajar yang kurang memuaskan dan rendahnya motivasi siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis pengaruh yang kuat antara penguatan pendidikan karakter berbasis Tri Hita Karana terhadap peningkatan signifikan hasil belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan mengkorelasikan penguatan pendidikan karakter berbasis Tri Hita Karana sebagai variabel (X) dan hasil belajar Matematika sebagai variabel (Y). Populasi penelitian ini sebanyak 273 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 111 orang siswa yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes dengan metode analisis statistik deskriptif dan inferensial. Proses analisis melalui uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji liniearitas. Selanjutnya, uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Perhitungan hasil analisis regresi sederhana, diperoleh nilai rhitung 0,673, sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh 0,195. Hal ini menunjukkan rhitung 0,673 > rtabel 0,195 sehingga kedua variabel tersebut saling berkorelasi. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara penguatan pendidikan karakter berbasis Tri Hita Karana dengan hasil belajar Matematika siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Tri Hita Karana, dan Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Diah Prabaswari Putri |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 00:50 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15395 |
Actions (login required)
View Item |