PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Handayani, Ni Putu Clara (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031290-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031290-ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031290-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031290-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031290-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031290-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031290-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031290-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031290-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Keterampilan siswa dalam menulis deskripsi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Gugus Patimura Denpasar Selatan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Patimura Denpasar Selatan yang berjumlah 310 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas VB SD Negeri 3 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan siswa kelas VA SD Negeri 7 Sesetan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keterampilan menulis Bahasa Indonesia dengan rubrik penilaian. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan Uji-t. Hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 6,1205 dan ttabel = 1,99962 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan (dk) = n1+n2-2 (32 + 31-2 = 61). Hal ini berarti thitung > ttabel, (6,1205>1,99962) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Gugus Patimura Denpasar Selatan tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Audio Visual, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Clara Handayani
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:33
Last Modified: 03 Jul 2023 02:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item View Item