Handayani, Ni Putu Clara (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031290-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031290-ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031290-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031290-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031290-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031290-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031290-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031290-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031290-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Keterampilan siswa dalam menulis deskripsi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Gugus Patimura Denpasar Selatan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Patimura Denpasar Selatan yang berjumlah 310 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas VB SD Negeri 3 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan siswa kelas VA SD Negeri 7 Sesetan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keterampilan menulis Bahasa Indonesia dengan rubrik penilaian. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan Uji-t. Hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 6,1205 dan ttabel = 1,99962 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan (dk) = n1+n2-2 (32 + 31-2 = 61). Hal ini berarti thitung > ttabel, (6,1205>1,99962) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Gugus Patimura Denpasar Selatan tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Audio Visual, Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Clara Handayani |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:33 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15466 |
Actions (login required)
View Item |