Saragih, Niki Virginia (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 PANJI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021019-COVER.pdf Download (409kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021019-ABSTRAK.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021019-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021019-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021019-BAB III-METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021019-BAB IV-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021019-BAB V-PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021019-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Dalam penelitian pengembangan E-modul ini memiliki beberapa tujuan, yaitu (1) Untuk mengetahui proses rancang bangun pengembangan E-modul berpendekatan kontekstual pada muatan IPA kelas V SD Negeri 1 Panji, (2) Untuk mengetahui hasil validitas pengembangan E-modul berpendekatan kontekstual pada muatan IPA kelas V SD Negeri 1 Panji, dan (3) Untuk mengetahui efektifitas pengembangan E-modul berpendekatan kontekstual pada muatan IPA kelas V SD Negeri 1 Panji. Penelitian pengembangan E-modul ini menggunakan model ADDIE, yaitu (1) Analisis (Analisys), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian pengembangan ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji perorangan, 6 orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 37 orang siswa kelas V untuk uji lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner, pretest dan post-test. Teknik analis data menggunakan analisis kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu (1) Uji ahli isi pembelajaran hasil yang diperoleh yaitu 96,6% dengan kualifikasi sangat baik, (2) Uji ahli desain pembelajaran hasil yang diperoleh yaitu 92,8% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Uji ahli media pembelajaran hasil yang diperoleh yaitu 96,8% dengan kualifikasi sangat baik (4) Uji coba perorangan hasil review yang diperoleh dari uji perorangan sebesar 96% sehingga mendapatkan kualifikasi yang sangat baik, (5) Uji kelompok kecil hasil dari uji kelompok kecil memperoleh sebesar 94,7% mendapatkan kualifikasi sangat baik. Kemudian berdasarkan uji efektivitas E-modul berpendekatan kontekstual terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar muatan IPA sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran E-modul berpendekatan kontekstual pada muatan IPA kelas V SD Negeri 1 Panji. Dari keseluruhan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa E-modul berpendekatan kontekstual pada muatan IPA kelas V SD Negeri 1 Panji dinyatakan efektif dan layak untuk diterapkan mendukung proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-modul, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Niki Virginia Saragih |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:45 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15477 |
Actions (login required)
View Item |