PENGARUH STORYTELLING BERMUATAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN BERPERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA SINGARAJA

Zalukhu, Murni Nawarsih Putri (2023) PENGARUH STORYTELLING BERMUATAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN BERPERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061018-COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061018-ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061018-LAMPIRAN.pdf

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini di TK Negeri Pembina Singaraja. Pre-eksperimental menjadi jenis dari penelitian ini dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok A di TK Negeri Pembina Singaraja yang berjumlah 30 anak. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen kemampuan berperilaku sosial berbentuk lembar observasi yang digunakan pada saat pengumpulan data melalui validasi instrumen yang dilakukan oleh pakar yang membidangi kemampuan berperilaku sosial dan telah diuji cobakan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis ke dalam dua tahap yaitu dengan statistik analisis statistik inferensial melalui dan uji prasyarat analisis (uji-t). Rata-rata nilai hasil kemampuan berperilaku sosial sebelum dibelajarkan menggunakan storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila yaitu 17.83 sedangkan nilai mean atau rerata nilai anak yang dibelajarkan sesudah menngunakan storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila memiliki rata-rata yaitu 34.67. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 lebih besar dari 0,05 (0,000 > 0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila berpengaruh terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini di TK Negeri Pembina Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: storytelling, nilai-nilai Pancasila, berperilaku sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Murni Nawarsih Putri Zalukhu
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:12
Last Modified: 05 Jul 2023 01:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15564

Actions (login required)

View Item View Item