Zalukhu, Murni Nawarsih Putri (2023) PENGARUH STORYTELLING BERMUATAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN BERPERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061018-COVER.pdf Download (217kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061018-ABSTRAK.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061018-LAMPIRAN.pdf Download (521kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini di TK Negeri Pembina Singaraja. Pre-eksperimental menjadi jenis dari penelitian ini dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok A di TK Negeri Pembina Singaraja yang berjumlah 30 anak. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen kemampuan berperilaku sosial berbentuk lembar observasi yang digunakan pada saat pengumpulan data melalui validasi instrumen yang dilakukan oleh pakar yang membidangi kemampuan berperilaku sosial dan telah diuji cobakan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis ke dalam dua tahap yaitu dengan statistik analisis statistik inferensial melalui dan uji prasyarat analisis (uji-t). Rata-rata nilai hasil kemampuan berperilaku sosial sebelum dibelajarkan menggunakan storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila yaitu 17.83 sedangkan nilai mean atau rerata nilai anak yang dibelajarkan sesudah menngunakan storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila memiliki rata-rata yaitu 34.67. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 lebih besar dari 0,05 (0,000 > 0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila berpengaruh terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini di TK Negeri Pembina Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | storytelling, nilai-nilai Pancasila, berperilaku sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Murni Nawarsih Putri Zalukhu |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 01:12 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15564 |
Actions (login required)
View Item |