ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023

Yasa, I Gede Reka Sutama (2023) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031212-COVER.pdf

Download (181kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031212-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031212-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031212-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031212-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031212-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031212-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031212-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031212-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitaf. Populasi dalam penelitian sebanyak 15 guru yang tersebar di SD N Gugus VIII Kecamatan Buleleng yang terdiri dari 7 guru kelas I dan 8 guru kelas IV di Buleleng. Penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan penyebaran kuesioner. Uji validitas isi instrumen menggunakan rumus Gregory. Hasil uji validitas isi instrumen yaitu sebesar 1,00 sehingga memperoleh tingkat validitas sangat tinggi. Penelitian ini menggunakan tiga dimensi yaitu kendala guru dalam memilih dan menentukan pertanyaan dasar, kendala guru dalam menyusun aktivitas pembelajaran PjBL, dan kendala guru dalam perencanaan kinerja yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan PjBL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berada dalam kategori rendah, dan kendala guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, keterampilan guru, PjBL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Reka Sutama Yasa
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:21
Last Modified: 12 Jul 2023 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15890

Actions (login required)

View Item View Item