Yasa, I Gede Reka Sutama (2023) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031212-COVER.pdf Download (181kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031212-ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031212-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031212-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031212-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031212-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031212-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031212-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031212-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitaf. Populasi dalam penelitian sebanyak 15 guru yang tersebar di SD N Gugus VIII Kecamatan Buleleng yang terdiri dari 7 guru kelas I dan 8 guru kelas IV di Buleleng. Penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan penyebaran kuesioner. Uji validitas isi instrumen menggunakan rumus Gregory. Hasil uji validitas isi instrumen yaitu sebesar 1,00 sehingga memperoleh tingkat validitas sangat tinggi. Penelitian ini menggunakan tiga dimensi yaitu kendala guru dalam memilih dan menentukan pertanyaan dasar, kendala guru dalam menyusun aktivitas pembelajaran PjBL, dan kendala guru dalam perencanaan kinerja yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan PjBL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berada dalam kategori rendah, dan kendala guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berada pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, keterampilan guru, PjBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Reka Sutama Yasa |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:21 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15890 |
Actions (login required)
View Item |