Dewi, Ni Made Gayatri (2023) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Kompyang Sujana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031346-COVER-1.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031346-ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031346-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (388kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031346-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031346-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031346-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031346-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031346-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031346-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Time Token terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Kompyang Sujana yang berjumlah 304 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling dan didapatkan 2 sekolah yang terdiri dari SD Negeri 4 Peguyangan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan SD Negeri 7 Peguyangan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non test (lembar observasi) dan test (soal pilihan ganda). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial berupa Uji-T dan MANOVA. Adapun rata-rata n-gain score kemampuan komunikasi siswa di kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, yaitu 76,50 > 13,00, rata-rata n-gain score hasil belajar IPA siswa di kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, yaitu 81,75 > 33,58. Hasil penelitian ini dikuatkan berdasarkan perhitungan Uji-T pada hipotesis I dan II yang seluruhnya memperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan berdasarkan perhitungan uji MANOVA pada hipotesis III memperoleh hasil nilai F=211,211 serta nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe Time Token terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Kompyang Sujana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | time token, kemampuan komunikasi, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Gayatri Dewi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 00:33 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 00:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15966 |
Actions (login required)
View Item |