Dewi, Ni Made Ratna Sintya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031024-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031024-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031024-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana Tahun Pelajaran 2022/2023. Peneltian ini termasuk penelitian semu (quasi eksperimental), dengan rancangan yang digunakan yaitu nonequivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus I Pandu Kecamatan Jembrana yang berjumlah 186 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling kemudian dilakukan post-test untuk kelas eksperimen yaitu SD N 2 Yehkuning berjumlah 24 siswa dan kelas kontrol yaitu SD N 1 Yehkuning berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Berdasarkan hasil Analisis uji MANOVA dengan bantuan SPSS 25, diperoleh hasil nilai F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root sebesar 115,096 seluruhnya memiliki nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Rata – rata skor keterampilan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelompok eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi daripada siswa kelompok kontrol. Sehingga dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIRC, Keterampilan membaca, Hasil Belajar,Tri Kaya Parisudha |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ratna Sintya Dewi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16131 |
Actions (login required)
View Item |