PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dewi, Ni Made Ratna Sintya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031024-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031024-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031024-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana Tahun Pelajaran 2022/2023. Peneltian ini termasuk penelitian semu (quasi eksperimental), dengan rancangan yang digunakan yaitu nonequivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus I Pandu Kecamatan Jembrana yang berjumlah 186 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling kemudian dilakukan post-test untuk kelas eksperimen yaitu SD N 2 Yehkuning berjumlah 24 siswa dan kelas kontrol yaitu SD N 1 Yehkuning berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Berdasarkan hasil Analisis uji MANOVA dengan bantuan SPSS 25, diperoleh hasil nilai F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root sebesar 115,096 seluruhnya memiliki nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Rata – rata skor keterampilan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelompok eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi daripada siswa kelompok kontrol. Sehingga dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CIRC, Keterampilan membaca, Hasil Belajar,Tri Kaya Parisudha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Ratna Sintya Dewi
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:13
Last Modified: 17 Jul 2023 01:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item View Item