PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL DENGAN APLIKASI COMIC LIFE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA TEMA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA SISWA KELAS VI SD

Ditriguna, I Nyoman Arya Kasuma (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL DENGAN APLIKASI COMIC LIFE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA TEMA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA SISWA KELAS VI SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041006-COVER.pdf

Download (17MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041006-ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041006-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa di kelas VI SD melalui pengembangan media komik digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan media dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian adalah dosen ahli materi, bahasa dan desain serta 4 guru dan siswa kelas VI di Gugus VI Sukawati. Objek penelitian adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas media komik digital dengan aplikasi comic life. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif, deskripsi kuantitatif dan statistik uji t-test. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) media komik digital dibuat dengan aplikasi comic life dan berbentuk print out ataupun digital dengan konten media komik digital yaitu pubertas serta menggunakan tokoh siswa di sekolah yang dibuat seperti kartun, 2) validitas materi, bahasa dan media komik digital menunjukkan kategori sangat tinggi, 3) tingkat kepraktisan media komik digital mencapai 85%-100% dengan kategori dangat tinggi berdasarkan nilai dari respons siswa adalah 99,72% dan nilai dari respons guru adalah 98,13%, dan 4) tingkat efektivitas media komik digital untuk meningkatkan literasi sains berdasarkan hasil analisis uji t-test menunjukkan harga F = 4,779 memiliki signifikansi 0,031 < 0,05. Artinya bahwa ada pengaruh media komik digital untuk meningkatkan literasi sains siswa tema menuju masyarakat sejahtera kelas VI SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: komik digital, literasi sains, comic life
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Nyoman Arya Kasuma Ditriguna
Date Deposited: 17 Jul 2023 09:13
Last Modified: 17 Jul 2023 09:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16207

Actions (login required)

View Item View Item