ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN E-LEARNING UNDIKSHA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2)

Oktaviani, Ni Putu Melsi (2023) ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN E-LEARNING UNDIKSHA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915091030-COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915091030-ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915091030-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan e-learning yang dikembangkan oleh UPT TIK Undiksha sampai saat ini masih belum maksimal terutama berkaitan dengan aspek adopsi dan penggunaan oleh dosen di lingkungan Undiksha. Dari data yang ada hanya 50% dosen yang menggunakan e-learning Undiksha. Semua dosen di Undiksha idealnya menggunakan e-learning. Kriteria utama untuk keberhasilan implementasi teknologi informasi adalah penerimaan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tingkat komitmen dan penerimaan pengguna menentukan kualitas e-learning. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) untuk menginvestigasi variabel yang mempengaruhi minat pengguna guna memanfaatkan e-learning Undiksha. UTAUT 2 merupakan kombinasi dari teori determinisme teknologi sebelumnya. Performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, price value serta habit merupakan bagian dari konstruk utama dalam model UTAUT 2. Namun, penelitian ini hanya menggunakan enam konstruk, konstruk price value tidak dipertimbangkan. Ada total 72 responden untuk penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner tertutup, dan dianalisis dengan bantuan SmartPLS. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat menggunakan e-learning Undiksha secara signifikan dipengaruhi oleh Ekspektasi usaha, hedonic motivation, dan habit. (2) Variabel-variabel yang signifikan mempengaruhi perilaku penggunaan e-learning Undiksha adalah habit, kondisi yang memfasilitasi, dan minat penggunaan berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan e-learning Undiksha (3) Kebiasaan dipengaruhi secara signifikan oleh variabel intervening minat penggunaan, meskipun ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan motivasi hedonis tidak dipengaruhi secara signifikan. (4) Variabel yang terkait dengan ekspektasi kinerja dan pengaruh sosial tidak memiliki dampak yang cukup besar terhadap keinginan pengguna dalam mengadopsi e-learning Undiksha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-learning Undiksha, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2), SmartPLS, Penerimaan Teknologi, Minat Penggunaan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ni Putu Melsi Oktaviani
Date Deposited: 20 Jul 2023 20:05
Last Modified: 20 Jul 2023 20:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16472

Actions (login required)

View Item View Item