PERANCANGAN KEMASAN “RENGGINANG KECEH” DARI PONOROGO, JAWA TIMUR UNTUK MEMPROMOSIKAN CAMILAN KHAS NUSANTARA

Febriany, Rizky Faramidha (2023) PERANCANGAN KEMASAN “RENGGINANG KECEH” DARI PONOROGO, JAWA TIMUR UNTUK MEMPROMOSIKAN CAMILAN KHAS NUSANTARA. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2002071006-COVER.pdf

Download (555kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2002071006-ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2002071006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
2002071006-BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PERANCANGAN)
2002071006-BAB 3 METODE PERANCANGAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL KARYA DAN PEMBAHASAN)
2002071006-BAB 4 HASIL KARYA DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2002071006-BAB 5 PENUTUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2002071006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2002071006-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM Rengginang Keceh merupakan salah satu usaha produksi camilan tradisional yang berupa jajan rengginang di Kota Reog Ponorogo, Jawa Timur. Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 1977, namun belum memiliki branding dan kemasan yang kuat untuk mempromosikannya secara lebih luas. Tujuan dari penelitian untuk perancangan ini adalah untuk menghasilkan desain kemasan sebagai identitas visual (branding) sekaligus media promosi untuk meningkatkan nilai jual rengginang sebagai makanan tradisional nusantara agar dapat berkompetisi dengan camilan kekinian. Proses perancangan ini diawali dengan kegiatan penelitian untuk menghasilkan rancangan karya desain komunikasi visual yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Landasan berpikir kreatif yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah metode berpikir glass box dan black box, agar bisa menghasilkan desain yang tertata seimbang namun tetap imajinatif. Hasil perancangan Tugas Akhir ini berupa satu karya desain utama berwujud kemasan pouch berbahan aluminium foil dan tujuh desain media pendukung promosi berupa logo, kartu nama, brosur, papan nama, social media post (Feed Instagram), stiker, dan tote bag, dengan visualisasi desain yang menggambarkan rasa jajan rengginang dan unsur visual khas Ponorogo. Simpulan dari penulisan ini adalah untuk menghasilkan desain kemasan Rengginang Keceh diperlukan adanya penelitian dengan metode pengumpulan data dan proses berpikir yang tepat agar proses pengembangan identitas visualnya dapat mencerminkan unsur-unsur visual yang dekat dengan karakteristik dan asal usul produk hingga mampu menggambarkan kekhasan rengginang sebagai camilan tradisional nusantara yang berasal dari Kota Ponorogo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media promosi, kemasan, Rengginang Keceh, Ponorogo
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual (D3)
Depositing User: Rizky Faramidha Febriany
Date Deposited: 23 Jul 2023 04:25
Last Modified: 23 Jul 2023 04:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16600

Actions (login required)

View Item View Item