PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA KEWIRAUSAHAAN DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X

Artayasa, I Kadek (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA KEWIRAUSAHAAN DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029021003-COVER.pdf

Download (465kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029021003-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029021003-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar prakarya kewirausahaan ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode factorial design. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner kemandirian belajar siswa dan juga tes pemahaman siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas X IPA 1 yang berjumlah 32 orang siswa dan kelas X IPA 2 yang berjumlah 31 orang siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling dengan mengambil 27% batas skor atas dan skor bawah pada masing-masing kelompok kemandirian belajar. Data kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS 26, dengan melakukan uji statistik deskriptif, uji prasayarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan peserta didik dengan model pembelajaran Project-based learning menunjukkan perbedaan dengan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran direct learning, (2) Model pembelajaran Project-based learning memberikan interaksi positif terhadap Kemandirian Belajar peserta didik, (3) Hasil belajar peserta didik dengan kemandirian tinggi menunjukkan perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Project-based learning dengan pembelajaran direct learning, dan (4) Hasil belajar peserta didik dengan kemandirian rendah menunjukkan perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Project-based learning dengan pembelajaran direct learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project-based Learning, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: I Kadek Artayasa
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:08
Last Modified: 27 Jul 2023 04:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16850

Actions (login required)

View Item View Item