Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2022/2023

Sugiantari, Ni Putu Rani Natasya (2023) Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071018-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071018-ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (705kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071018-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan gaya belajar peserta didik dan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Sawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini, yaitu siswa kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, dan VII F sebanyak 180 orang siswa. Objek pada penelitian ini yaitu gaya belajar peserta didik dan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar peserta didik kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data profil gaya belajar peserta didik diperoleh melalui angket, sedangkan data faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar peserta didik diperoleh melalui wawancara. Data wawancara yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Seluruh kelas VII di SMP Negeri 1 Sawan yang berjumlah 180 orang siswa memiliki gaya belajar yang beragam, yaitu gaya belajar visual sebesar 42.8%, gaya belajar auditori sebesar 29.6% dan gaya belajar kinestetik sebesar 27.6%. Hal tersebut menunjukkan bahwa keseluruhan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sawan rata-rata cenderung dominan pada gaya belajar visual. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa, yaitu faktor fisik, emosional, sosiologis, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, faktor yang mempengaruhi, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Putu Rani Natasya Sugiantari
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:49
Last Modified: 25 Jul 2023 07:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16936

Actions (login required)

View Item View Item