IMPLEMENTASI METODE PART AND WHOLE BERBANTUAN FEEDBACK VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA BESAR (PASSING ATAS BOLA VOLI) PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 4 NEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Saputra, I Made Agus Wahyu Swiartha Adi (2023) IMPLEMENTASI METODE PART AND WHOLE BERBANTUAN FEEDBACK VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA BESAR (PASSING ATAS BOLA VOLI) PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 4 NEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011112-COVER.pdf

Download (320kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011112-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011112-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1816011112-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1816011112-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011112-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011112-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
1816011112-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011112-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi passing atas bola voli peserta didik kelas IX E SMP Negeri 4 Negara meningkat melalui implementasi metode part and whole berbantuan feedback visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Negara yang berjumlah 30 peserta didik terdiri dari 13 orang peserta didik laki-laki dan 17 orang peserta didik perempuan.. Instrumen penelitian ini terdiri atas tes uraian dan pilihan ganda untuk aspek pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk aspek keterampilan. Data dianalisis menggunakan deskripsi persentase. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I, terdapat 13 orang (43,33%) peserta didik tuntas, sedangkan hasil belajar aspek keterampilan PJOK pada siklus I terdapat 18 orang (60%) peserta didik tuntas. Pada siklus II, hasil belajar aspek pengetahuan mencapai 30 orang (100%) peserta didik tuntas, sedangkan aspek keterampilan 30 orang (100%) peserta didik tuntas. Berdasarkan analisa data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah hasil belajar PJOK materi bola besar passing atas bola voli peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Negara meningkat sangat signifikan melalui implementasi metode part and whole berbantuan feedback visual. Dari hasil penelitian yang talah dilaksanakan, disarankan pada guru PJOK kelas IX E dapat menerapkan Metode Part and whole Berbantuan Feedback Visual di kelas IX SMP Negeri 4 Negara pada pembelajaran PJOK Materi Passing Atas Bola Voli karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Part and whole, Feedback Visual, Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Made Agus Wahyu Swiartha Adi Saputra
Date Deposited: 25 Jul 2023 17:56
Last Modified: 25 Jul 2023 17:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17010

Actions (login required)

View Item View Item