Wiguna, Putu Yuda (2023) Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share Bermodul Kampus Mengajar Terhadap Kompetensi Numerasi Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913041028 - (COVER) 2023.pdf Download (605kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913041028 - ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041028- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041028 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041028 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041028 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041028 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913041028 - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Profil kompetensi numerasi peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Think Pair Share bermodul kampus mengajar; (2) Mengetahui peningkatan kompetensi numerasi peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Think Pair Share bermodul kampus mengajar; (3) Mengetahui Implementasi model pembelajaran Think Pair Share bermodul kampus mengajar efektif mencapai kompetensi numerasi peserta didik dan (4) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Think Pair Share bermodul kampus mengajar. Jenis penelitian Pra-eksperimen dan racangan One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMP Budhi Luhur Sudaji dengan jumlah 41 peserta didik dan objek penelitian kompetensi numerasi. Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk uraian dan angket menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interpretatif pada profil kompetensi numerasi, analisis peningkatan menggunakan uji N-Gain dan uji hipotesis menggunakan uji proporsi statistik Zhitung. Hasil penelitian menunjukkan profil kompetensi numerasi pada aspek konten matematika dan proses kogntif mengalami peningkatan dari Pretets ke Posttest. Peningkatan kompetensi numerasi mendapatkan total rata-rata 0,7494 (g≥0,7) kategori yang diperoleh yaitu tinggi. Implementasi model pembelajaran Think Pair Share bermodul kampus mengajar efektif mencapai kompetensi numerasi peserta didik, hasil perhitungan uji proporsi menggunakan uji Zhitung didapatkan hasil Zhitung = 2,697. Hasil Zhitung menunjukkan 2,697 > 1,645 (Z0,05), maka dapat diputuskan bahwa tolak H0. Hasil uji proporsi dengan Uji Z menunjukkan tolak H0, berarti penggunaan model pembelajaran Think Pair Share bermodul kampus mengajar terhadap kompetensi numerasi efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan memenuhi ketuntasan klasikal sebanyak atau lebih 85%. Respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Think Pair Share bermodul kampus mengajar mendapatkan respon sangat positif sebesar 86,9% dan kurang positif sebesar 13,1%. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share bermodul kampus mengajar memberikan respon sangat positif oleh peserta didik untuk numerasi. Kata Kunci: Think Pair Share, Modul Kampus Mengajar, Kompetensi Numerasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, Modul Kampus Mengajar, Kompetensi Numerasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Putu Yuda Wiguna |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 08:15 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 08:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17321 |
Actions (login required)
View Item |