PEMANFAATAN MEDIA NEARPOD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 SAPEKEN MADURA

Susanti, Diah Ayu (2023) PEMANFAATAN MEDIA NEARPOD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 SAPEKEN MADURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011025-COVER.pdf

Download (421kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011025-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011025-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian in bertujuan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pemanfaatan media Nearpod dalam pembelajaran menulis teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Sapeken, Madura, (2) kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan aplikasi Nearpod, (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Nearpod sebagai media pembelajaran menulis teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Sapeken,Madura. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas X dan Siswa Kelas X MIA-2 SMA Negeri 1 Sapeken. Objek dalam penelitian adalah pelaksanaan pemanfaatan media Nearpod dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan media Nearpod, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Nearpod sebagai media pembelajaran menulis teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Sapeken. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik Miles Huberman. Hasil penelitian ini sebagai berikut ini. (1) pelaksanaan pemanfaatan media Nearpod dalam pembelajaran menulis teks eksposisi terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pembuka, inti, dan penutup pada pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi, (2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa setelah diterapkannya penggunaan media Nearpod sebagai media pembelajaran yakni dilihat dari rata-rata nilai menulis teks eksposisinya adalah 85 dengan kategori baik, kendala-kendala yang ditemukan oleh guru dalam penggunaan media Nearpod dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dari segi siswa yaitu kemampuan menyimak dan menulis teks eksposisi siswa yang berbeda-beda, penggunaan waktu yang masih kurang efektif dan masih banyak siswa yang belum diberikan fasilitas handphone oleh orang tuanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Nearpod, Pembelajaran, Teks Eksposisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Diah Ayu Susanti
Date Deposited: 23 Oct 2023 09:22
Last Modified: 23 Oct 2023 09:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17834

Actions (login required)

View Item View Item