Susanti, Diah Ayu (2023) PEMANFAATAN MEDIA NEARPOD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 SAPEKEN MADURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011025-COVER.pdf Download (421kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011025-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011025-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian in bertujuan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pemanfaatan media Nearpod dalam pembelajaran menulis teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Sapeken, Madura, (2) kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan aplikasi Nearpod, (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Nearpod sebagai media pembelajaran menulis teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Sapeken,Madura. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas X dan Siswa Kelas X MIA-2 SMA Negeri 1 Sapeken. Objek dalam penelitian adalah pelaksanaan pemanfaatan media Nearpod dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan media Nearpod, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Nearpod sebagai media pembelajaran menulis teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Sapeken. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik Miles Huberman. Hasil penelitian ini sebagai berikut ini. (1) pelaksanaan pemanfaatan media Nearpod dalam pembelajaran menulis teks eksposisi terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pembuka, inti, dan penutup pada pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi, (2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa setelah diterapkannya penggunaan media Nearpod sebagai media pembelajaran yakni dilihat dari rata-rata nilai menulis teks eksposisinya adalah 85 dengan kategori baik, kendala-kendala yang ditemukan oleh guru dalam penggunaan media Nearpod dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dari segi siswa yaitu kemampuan menyimak dan menulis teks eksposisi siswa yang berbeda-beda, penggunaan waktu yang masih kurang efektif dan masih banyak siswa yang belum diberikan fasilitas handphone oleh orang tuanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Nearpod, Pembelajaran, Teks Eksposisi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Diah Ayu Susanti |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 09:22 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 09:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17834 |
Actions (login required)
View Item |