PENGARUH PENERAPAN RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO

Janah, Lutfiatul (2023) PENGARUH PENERAPAN RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914031006-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914031006-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914031006-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) penerapan model Resource-Based Learning pada pembelajaran geografi untuk meningkatkan minat belajar siswa, (2) minat belajar geografi siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model Resource-Based Learning, (3) dampak model Resource-Based Learning terhadap peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan Non Equivalent Control Group Design. Penentuan Kelas Eksperimen (XI IPS-1) dan Kelas Kontrol (Kelas XI IPS-3) dilakukan secara random setelah dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, pencatatan dokumen, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru berhasil mengimplementasikan model Resource-Based Learning dalam pembelajaran geografi dengan kriteria sangat baik “90,55”, (2) minat belajar geografi siswa pada kelas eksperimen setelah penerapan model Resource-Based Learning mengalami peningkatan sebesar 18,84% (dari nilai rata-rata 59,13 menjadi 70,27), (3) terdapat perbedaan minat belajar geografi siswa dalam pembelajaran geografi ((sig .000<0,05)). Hal ini membuktikan bahwa Model Resource-Based Learning berpengaruh singnifikan terhadap peningkatan minat belajar geografi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Geografi, Model Resource-Based Learning, Pembelajaran Geografi, Penerapan Model.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Lutfiatul Janah
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:57
Last Modified: 27 Oct 2023 02:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18187

Actions (login required)

View Item View Item