Janah, Lutfiatul (2023) PENGARUH PENERAPAN RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914031006-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914031006-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914031006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) penerapan model Resource-Based Learning pada pembelajaran geografi untuk meningkatkan minat belajar siswa, (2) minat belajar geografi siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model Resource-Based Learning, (3) dampak model Resource-Based Learning terhadap peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan Non Equivalent Control Group Design. Penentuan Kelas Eksperimen (XI IPS-1) dan Kelas Kontrol (Kelas XI IPS-3) dilakukan secara random setelah dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, pencatatan dokumen, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru berhasil mengimplementasikan model Resource-Based Learning dalam pembelajaran geografi dengan kriteria sangat baik “90,55”, (2) minat belajar geografi siswa pada kelas eksperimen setelah penerapan model Resource-Based Learning mengalami peningkatan sebesar 18,84% (dari nilai rata-rata 59,13 menjadi 70,27), (3) terdapat perbedaan minat belajar geografi siswa dalam pembelajaran geografi ((sig .000<0,05)). Hal ini membuktikan bahwa Model Resource-Based Learning berpengaruh singnifikan terhadap peningkatan minat belajar geografi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Geografi, Model Resource-Based Learning, Pembelajaran Geografi, Penerapan Model. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Lutfiatul Janah |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:57 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18187 |
Actions (login required)
View Item |