KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN ABIANSEMAL

Sepiantari, Ni Kadek (2023) KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021009-COVER.pdf

Download (659kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021009-ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1913021009-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (375kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1913021009-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1913021009-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021009-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1913021009-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021009-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi: 1) kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika siswa, 2) minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika siswa, 3) kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri se-Kecamatan Abiansemal. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 266 siswa. Data diperoleh menggunakan kuesioner kecerdasan emosional, kuesioner minat belajar, serta tes kemampuan pemahaman konsep fisika yang telah melalui tahap uji validitas dan reliabilitas. Nilai reliabilitas untuk kecerdasan emosional, minat belajar dan pemahaman konsep fisika secara berturut-turut 0,832, 0,924 dan 0,823. Metode statistik yang digunakan untuk analisis data yaitu uji regresi satu prediktor dan uji regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi positif antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika dengan sumbangan efektif sebesar 11,2%, 2) terdapat kontribusi positif antara minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika dengan sumbangan efektif sebesar 18,1%, 3) terdapat kontribusi positif antara kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika dengan sumbangan efektif sebesar 29,3%. Variasi kontribusi dari variabel kemampuan pemahaman konsep fisika dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional dan minat belajar melalui persamaan Ŷ = 5,108 + 0,023X1 + 0,857X2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, minat belajar, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Sepiantari
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:05
Last Modified: 30 Oct 2023 07:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18246

Actions (login required)

View Item View Item