Sepiantari, Ni Kadek (2023) KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021009-COVER.pdf Download (659kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021009-ABSTRAK.pdf Download (374kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1913021009-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (375kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1913021009-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1913021009-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021009-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1913021009-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021009-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi: 1) kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika siswa, 2) minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika siswa, 3) kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri se-Kecamatan Abiansemal. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 266 siswa. Data diperoleh menggunakan kuesioner kecerdasan emosional, kuesioner minat belajar, serta tes kemampuan pemahaman konsep fisika yang telah melalui tahap uji validitas dan reliabilitas. Nilai reliabilitas untuk kecerdasan emosional, minat belajar dan pemahaman konsep fisika secara berturut-turut 0,832, 0,924 dan 0,823. Metode statistik yang digunakan untuk analisis data yaitu uji regresi satu prediktor dan uji regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi positif antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika dengan sumbangan efektif sebesar 11,2%, 2) terdapat kontribusi positif antara minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika dengan sumbangan efektif sebesar 18,1%, 3) terdapat kontribusi positif antara kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika dengan sumbangan efektif sebesar 29,3%. Variasi kontribusi dari variabel kemampuan pemahaman konsep fisika dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional dan minat belajar melalui persamaan Ŷ = 5,108 + 0,023X1 + 0,857X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, minat belajar, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Sepiantari |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:05 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18246 |
Actions (login required)
View Item |