ANALISIS POTENSI LEARNING LOSS PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI ELEMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS DIKAITKAN DENGAN PERSPEKTIF GURU

Wijaya, Ghina Serviliyana Hani (2024) ANALISIS POTENSI LEARNING LOSS PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI ELEMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS DIKAITKAN DENGAN PERSPEKTIF GURU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071028-COVER.pdf

Download (276kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071028-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1913071028-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1913071028-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1913071028-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
1913071028-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071028-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bentuk-bentuk potensi learning loss peserta didik kelas VII pada elemen keterampilan proses sains mata pelajaran IPA fase D Kurikulum Merdeka dikaitkan dengan perspektif guru pengampunya dan menganalisis faktor-faktor penyebabnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif jenis deskriptif. Penelitian menekankan terhadap pengumpulan dan analisis perspektif guru tentang ketercapaian keterampilan proses sains peserta didik kelas VII dengan melibatkan seluruh guru IPA kelas VII sebanyak 11 orang yang tersebar di empat sekolah menengah pertama negeri daerah Buleleng. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara semi-struktrur, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa bentuk potensi learning loss peserta didik kelas VII dan faktor-faktor penyebabnya. Hasil akhir diperoleh setelah data dikelompokkan, dilakukan analisis dan interpretasi, kemudian diverifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya potensi learning loss pada sebagian besar aspek keterampilan proses mencakup (1) mengamati, (2) mempertanyakan dan memprediksi, (3) merencanakan dan melakukan penyelidikan, (4) memproses, menganalisis data dan informasi, dan (5) mengevaluasi dan refleksi. Berdasarkan telaah dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa bentuk potensi learning loss peserta didik kelas VII pada elemen keterampilan proses sains meliputi ranah pengembangan keterampilan (kehilangan kemampuan berpikir dan kehilangan kemampuan pemecahan masalah), akademik (kehilangan proses belajar, kehilangan pengalaman belajar, kehilangan partisipasi aktif dalam belajar), dan psikologis (kehilangan minat belajar, kehilangan motivasi belajar, kehilangan fokus belajar). Faktor-faktor penyebabnya dapat berasal dari soft skill, kognitif (mindset, daya tangkap, gaya belajar), pengalaman belajar peserta didik pada jenjang sekolah dasar, dan faktor adaptasi (karakteristik materi, lingkungan belajar, efek peralihan kebijakan pelaksanaan pembelajaran dan kurikulum, dan keterbatasan guru pengampunya).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: learning loss, keterampilan proses sains, peserta didik, guru, kurikulum merdeka.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ghina Serviliyana Hani Wijaya
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:26
Last Modified: 06 Dec 2023 08:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18285

Actions (login required)

View Item View Item