PELESYA, JESSY (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING SUITE 9 PADA MATERI FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013021016-COVER.pdf Download (898kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013021016-ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (479kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (514kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013021016-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Kajian ini bertujan menghasilkan produk berbentuk multimedia interaktif berbasis Quantum Learning menggunakan aplikasi iSpring Suite 9 sebagai daya dukung pembelajaran peserta didik dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Materi bahasan pada multimedia interaktif berbasis Quantum Learning yang dilakukan pengembangan adalah berupa materi gelombang cahaya serta optik yang selaras dengan kurikulum 2013. Kajian ini berjenis penelitian Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan model ADDIE. Uji lapangan tes kemampuan awal siswa diuji cobakan untuk siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sukasada dengan mempergunakan one grup pretest-postest design. Subjek kajian pengembangan multimedia interaktif berbasis Quantum Learning tersusun atas ahli materi dan ahli media, 1 Guru fisika selaku praktisi serta 30 siswa kelas XI MIPA selaku sampel uji lapangan. Data yang dihimpun mempergunakan angket validasi ahli materi, ahli media, guru fisika dan siswa kelas XI MIPA. Hasil kajian ini memperoleh temuan bahwasanya media pembelajaran interaktif berbasis Quantum Learning menggunakan aplikasi iSpring Suite 9 pada materi Gelombang Cahaya dan Optik kelas XI memperoleh respon secara positif. Hasil analisa data yang didapat dari responden menunjukkan bahwasanya media ini telah terbukti valid berdasarkan persentase rerata penilaian dari ahli media dan ahli materi senilai 90%, berkriteria valid (sangat layak). Selain itu, dari tanggapan siswa, media ini juga dinilai sangat praktis dengan rerata persentase 85%. Selanjutnya, dari peningkatan hasil belajar peserta didik, media ini juga terbukti efektif dengan keefektifan sebesar 0,7%, yang berkriteria sedang. Berdasarkan hasil analisa tersebut, ditarik simpulan bahwa media pembelajaran ini valid menurut ahli dan praktis menurut siswa serta efektif untuk dikembangkan pada proses pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran Fisika, Quantum Learning, iSpring Suite 9.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Fisika, Quantum Learning, iSpring Suite 9. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Jessy Pelesya |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 03:47 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18816 |
Actions (login required)
View Item |