Purwati, Dwi (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN MEDIA LOOSE PARTS DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN IMAJINASI KREATIF ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2229171002-COVER)
2229171002-Cover.pdf Download (307kB) |
|
Text (2229171002-ABSTRAK)
2229171002-Abstrak.pdf Download (32kB) |
|
Text (2229171002-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171002-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (179kB) |
|
Text (2229171002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171002-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (2229171002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171002-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (2229171002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (2229171002-BAB 5 PENUTUP)
2229171002-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (2229171002-DAFTAR PUSTAKA)
2229171002-Daftar Pustaka.pdf Download (296kB) |
|
Text (2229171002-LAMPIRAN)
2229171002-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan imajinasi kreatif antara kelompok anak yang mengikuti pembelajaran diferensiasi berbantuan media Loose Parts dengan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) perbedaan kemampuan imajinasi kreatif anak yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan kelompok anak yang memiliki keterampilan sosial yang tinggi dengan kelompok anak yang memiliki keterampilan sosial rendah; (3) Interaksi pembelajaran diferensiasi berbantuan media Loose Parts dan keterampilan sosial secara bersama terhadap kemampuan imajinasi anak . Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah 200 anak TK B gugus III Kecamatan Payangan. Kelas yang setara diambil 3 kelas untuk kelompok control dan 3 kelas untuk kelompok eksperimen dengan total anak sebanyak 130 anak . Data keterampilan social dan kemampuan imaginasi kreatif diambil dengan lembar cek list dengan dengan rating scale 1-4. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan imajinasi kreatif antara kelompok anak yang mengikuti pembelajaran diferensiasi berbantuan media Loose Parts dan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional (FA=6,49, 047 dengan nilai sig. 0,000); (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan imajinasi kreatif antara kelompok anak yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan kelompok anak yang memiliki keterampilan sosial rendah (FB=0,097 dengan nilai sig. 0,756); (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pembelajaran diferensiasi berbantuan media Loose Parts dan keterampilan sosial terhadap kemampuan imajinasi kreatif anak di TK B Gugus 3 Kecamatan Payangan (FA*B=240,702 dengan nilai sig. 0,000).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Media Loose Parts , Keterampilan Sosial, Kemampuan Imajinasi Kreatif, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Dwi Purwati |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 04:12 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 04:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19049 |
Actions (login required)
View Item |