PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN MEDIA LOOSE PARTS DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN IMAJINASI KREATIF ANAK USIA DINI

Purwati, Dwi (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN MEDIA LOOSE PARTS DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN IMAJINASI KREATIF ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229171002-COVER)
2229171002-Cover.pdf

Download (307kB)
[img] Text (2229171002-ABSTRAK)
2229171002-Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text (2229171002-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171002-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (179kB)
[img] Text (2229171002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171002-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (2229171002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171002-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (2229171002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (2229171002-BAB 5 PENUTUP)
2229171002-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (2229171002-DAFTAR PUSTAKA)
2229171002-Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text (2229171002-LAMPIRAN)
2229171002-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan imajinasi kreatif antara kelompok anak yang mengikuti pembelajaran diferensiasi berbantuan media Loose Parts dengan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) perbedaan kemampuan imajinasi kreatif anak yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan kelompok anak yang memiliki keterampilan sosial yang tinggi dengan kelompok anak yang memiliki keterampilan sosial rendah; (3) Interaksi pembelajaran diferensiasi berbantuan media Loose Parts dan keterampilan sosial secara bersama terhadap kemampuan imajinasi anak . Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah 200 anak TK B gugus III Kecamatan Payangan. Kelas yang setara diambil 3 kelas untuk kelompok control dan 3 kelas untuk kelompok eksperimen dengan total anak sebanyak 130 anak . Data keterampilan social dan kemampuan imaginasi kreatif diambil dengan lembar cek list dengan dengan rating scale 1-4. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan imajinasi kreatif antara kelompok anak yang mengikuti pembelajaran diferensiasi berbantuan media Loose Parts dan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional (FA=6,49, 047 dengan nilai sig. 0,000); (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan imajinasi kreatif antara kelompok anak yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan kelompok anak yang memiliki keterampilan sosial rendah (FB=0,097 dengan nilai sig. 0,756); (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pembelajaran diferensiasi berbantuan media Loose Parts dan keterampilan sosial terhadap kemampuan imajinasi kreatif anak di TK B Gugus 3 Kecamatan Payangan (FA*B=240,702 dengan nilai sig. 0,000).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Media Loose Parts , Keterampilan Sosial, Kemampuan Imajinasi Kreatif, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Dwi Purwati
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:12
Last Modified: 21 Feb 2024 04:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19049

Actions (login required)

View Item View Item