Pengembangan Video Pembelajaran Nilai-Nilai Tempat Bersejarah Margarana Berbasis Profil Pelajar Pancasila Muatan IPAS Materi Daerahku Siswa Kelas IV SD No 02 Werdi Bhuwana Kabupaten Badung

Yoga, Ida Bagus Made Dwitama (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Nilai-Nilai Tempat Bersejarah Margarana Berbasis Profil Pelajar Pancasila Muatan IPAS Materi Daerahku Siswa Kelas IV SD No 02 Werdi Bhuwana Kabupaten Badung. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031066-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031066-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011031066-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011031066-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011031066-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031066-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2011031066-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
2011031066-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031066-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui rancang bangun, (2) mengetahui kelayakan, (3) mengetahui efektivitas media video pembelajaran nilai-nilai tempat bersejarah Margarana berbasis profil pelajar Pancasila muatan IPAS materi daerahku siswa kelas IV SD No 02 Werdi Bhuwana Kabupaten Badung. Subjek uji penelitian ini yakni ahli materi/isi, ahli desain, ahli media pembelajaran, serta 28 orang siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, metode pengumpulan data kuesioner dan tes, teknik analisis data deskriptif kuantitatif serta analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) rancang bangun berbentuk video pembelajaran dan diperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil uji ahli dan uji pengguna diperoleh sebagai berikut. (a) hasil uji ahli isi media diperoleh skor 93,18%, (b) hasil uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 90,00%, (c) hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 91,66%, (d) hasil uji perorangan diperoleh skor 90,96%, dan (e) hasil uji kelompok kecil diperoleh skor 90,00%, sehingga video pembelajaran ini mendapatkan kualifikasi sangat baik dan dapat dikatakan layak untuk digunakan, (3) hasil efektivitas produk diperoleh dari uji statistik uji-t yakni t-hitung = 6,953. Untuk db = 27 dan taraf signifikansi 5% diperoleh angka t-tabel = 1,703. Maka thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran pada penelitian ini efektif digunakan pada muatan IPAS materi daerahku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran. Profil Pelajar Pancasila. IPAS
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D501 World War I
L Education > LA History of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Bagus Made Dwitama Yoga
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:01
Last Modified: 03 Apr 2024 00:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19278

Actions (login required)

View Item View Item