Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbantuan Video TikTok Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Sinuraya, Firdaus Eka Ngenca (2024) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbantuan Video TikTok Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071032-COVER.pdf

Download (549kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071032-ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071032-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media TikTok dan pembelajaran model direct instruction. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan dirancang dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 329 siswa. Sampel yang digunakan dipilih dengan random assignment 69 orang. Penelitian ini menggunakan dua kelas, 35 orang kelas VIIIA5 sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dan 34 orang kelas VIIIA6 sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video TikTok. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan tes hasil belajar pilihan berganda. Data hasil belajar IPA dianalisis dengan uji t independent sample dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antar peserta didik dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Media TikTok dan pembelajaran langsung. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai n-gain skor, kelas eksperimen berada pada kategori sedang sebesar 0,41 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,25 berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Firdaus Eka Ngenca Sinuraya
Date Deposited: 22 Feb 2024 16:15
Last Modified: 22 Feb 2024 16:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19287

Actions (login required)

View Item View Item